baca buku Kesastraan Melayu Tionghoa 4

Kesastraan Melayu Tionghoa 4
By:Marcus A.S. & Pax Benedanto
Published on 2012-02-24 by Kepustakaan Populer Gramedia

Jilid keempat seri Kesastraan Melayu Tionghoa dan Kebangsaan Indonesia (KMTKI) rnenampilkan empat kalya Kwee Tek Hoay: Nonton Capgome (1930), Zonder Lentera atawa Hikayatnya Satu Wijkmeester Rakus (1930), Berkahnya Malaise (1933), Atsal Mulahnya Timbul Pergerakan Tionghoa yang Moderen di Indonesia (1939). Dua yang pertama merupakan roman, sementara dua lainnya karya non-?ksi. Tema yang diangkat dalam empat karya tersebut merupakan potret sosial zamannya, dan masih relevan hingga hari ini. Kisah percintaan dalam Capgome melibatkan penentangan sengit antara golongan kolot dan golongan yang mendambakan perubahan. Zonder Lentera bercerita tentang tingkah-polah pejabat (wijkmeester) yang lalim dan tamak. Kedua tema tersebut kini masih sering kita jumpai tidak hanya dalam novel maupun sinetron, tapi juga kehidupan sehari-hari. Demikian pula dengan dua karya berikutnya. Membaca Berkahnya Malaise, yang berisikan kumpulan kisah keseharian masyarakat pada “Zaman Meleset”, kita seperti diajak bercermin dengan situasi hari ini. Sama seperti krisis ekonomi akhir 1990-an, malaise pada 1930-an menyebabkan bank-bank tutup, utang menumpuk, perusahaan gulung tikar, karyawan di-PHK, rakyat kelaparan, dan kriminalitas meningkat. Meski begitu sebagian besar masyarakat ternyata tidak menyerah. Mereka menganggap krisis malah membawa berkah (baca: peluang). Atsal Mulahnya Timbul Pergerakan Tionghoa tidak hanya menguraikan secara lengkap sejarah pembentukan dan perkembangan Tiong Hoa Hwe Koan (THHK), tapi juga mencatat berbagai penyebab pokok bangkitnya golongan Tionghoa pada akhir abad ke-19. Membaca buku ini, barangkali kita dapat menilai dan menanggapi secara lebih memadai bangkitnya berbagai partai politik dan kelompok sosial di kalangan etnis Tionghoa pada masa reformasi.

This Book was ranked at 40 by Google Books for keyword novel.

Book ID of Kesastraan Melayu Tionghoa 4's Books is itRCDwAAQBAJ, Book which was written byMarcus A.S. & Pax Benedantohave ETAG "VLKUMT5TZKg"

Book which was published by Kepustakaan Populer Gramedia since 2012-02-24 have ISBNs, ISBN 13 Code is 9789799023643 and ISBN 10 Code is 9799023645

Reading Mode in Text Status is false and Reading Mode in Image Status is true

Book which have "580 Pages" is Printed at BOOK under CategoryLiterary Criticism

This Book was rated by Raters and have average rate at ""

This eBook Maturity (Adult Book) status is NOT_MATURE

Book was written in id

eBook Version Availability Status at PDF is true and in ePub is false

Book Preview

Postingan populer dari blog ini

Download Buku pdf Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea

Baca Ebook pdf Novus Ordo Seclorum

Download buku Rumah kertas